Ketua Pengadilan Negeri Jantho Lakukan Simulasi ( e – Berpadu ) Bersama Aparat Penegak Hukum dalam Wilayah Yuridiksi Kabupaten Aceh Besar

Jantho, 12 Desember 2022. Ketua Pengadilan Negeri Jantho Bpk Deny Syahputra, S.H., M.H. melakukan kegiatan simulasi aplikasi elektronik berkas perkara pidana terpadu ( e- Berpadu ), kegiatan ini adalah gerak tanggap atas perintah dari Ketua Mahkamah Agung melalui Kepala Biro Humas DR. H. Sobandi SH., M.H dalam kegiatan Biro Humas Mahkamah Agung di Banda Aceh pada minggu yang lalu.

Simulasi ini di lakukan agar Stakeholders penegak hukum mengimplementasikan Perjanjian Kerjasama atau MoU yang telah ditandatangani pada tanggal 28 September yang lalu dalam menunjang kinerja bahwa Mahkamah Agung telah menyediakan software aplikasi e-Berpadu dalam hal mengintegralkan secara kerja sama terpadu antara Kepolisian, Kejaksaan dan Rumah tahanan ( rutan ).

Sebagaimana dapat diketahui bahwa maksud dan tujuan aplikasi e-BERPADU yaitu untuk terwujudnya sistem administrasi perkara pidana berbasis teknologi informasi, efektivitas dan efisiensi layanan peradilan dalam perkara pidana, menimalisir tatap muka dan penyimpangan serta memudahkan Koordinasi dan konsolidasi antar aparat penegak hukum.

Dalam hal ini Mahkamah Agung terus bergerak dalam memudahkan pelayanan hukum bagi pencari keadilan dengan meningkatkan sinergisitas dan koordinasi antar lembaga penegak hukum, dan aplikasi e – Berpadu ini dikembangkan secara mandiri oleh Mahkamah Agung dengan keterlibatan Badan Siber dan Sandi Negara dalam hal isu security aplikasi ujar Ketua Pengadilan Negeri Jantho Bpk Deny Syahputra., S.H. M.H.

Ketua Pengadilan Negeri Jantho Bpk Deny Syahputra., S.H. M.H. menambahkan bahwa fitur yang dikembangkan dalam e-berpadu utuk menjawab kebutuhan layanan pra persidangan, meliputi Aspek penyitaan, penggeledahan, serta perpanjangan penahanan, penetapan diversi dan pelimpahan berkas perkara. Ada juga fitur izin besuk, pembantaran serta pinjam pakai barang bukti. Aplikasi ini juga dipersiapkan untuk bekerja secara integral yaitu akselerasi implementasinya untuk pertukaran data dan dokumen dengan aplikasi yang existing berlaku dimasing masing aparat penegak hukum ( APH).

Dalam kegiatan simulasi dimaksud, Ketua Pengadilan Negeri Jantho didampingi oleh jajarannya, dan dihadiri oleh Kapolres Aceh Besar yang diwakili lansung oleh Kasat Reskrim Kasat Reskrim Polres Aceh Besar AKP Ferdian Chandra, S. Sos, dan Staf Tindak Pidana Umum Kejari Aceh Besar, Dan perwakilan Rumah Tahanan Jantho, kegiatan yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB tersebut berakhir 15.00 WIB

( Humas PN Jantho ).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*